Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini lho teh yang berkhasiat baik buat kesehatan

Ini lho teh yang berkhasiat buat kesehatan
Teh herbal baik buat kesehatan
yuk kenali Beragam Teh yang Berkhasiat untuk Jaga Kesehatan Badan, karena teh diindonesia ini sangatlah beragam dan berbeda dalam warna tehnya, buat kalian yang belum tau Ini lho teh yang berkhasiat baik buat kesehatan.

teh memiliki rasa dan wewangian yang unik, teh herbal menjadi opsi minuman yang memikat buat dicoba. Selainnya nikmat, teh herbal bahkan juga sudah diminum semenjak beberapa ratus tahun kemarin sebagai obat tradisional untuk memiara kesehatan dan menolong menangani beragam penyakit.

Macam-Macam Teh Herbal dan Manfaatnya :

1. Teh adas

Secara tradisional, biji adas dipakai untuk mengobati masalah pencernaan, seperti sakit di perut, sembelit, dan kembung. Walau demikian, beragam manfaat teh herbal adas tersebut memerlukan study lebih lanjut. Untuk membikin teh adas, Anda dapat menyeduh 1-2 sendok teh biji adas yang telah dilumatkan dengan 1 gelas air hangat, lalu biarkan sepanjang 10-15 menit saat sebelum diminum.

2. Teh ginseng

Ginseng yang banyak dimakan di Korea sekarang populer dimakan sebagai teh herbal. Teh herbal ginseng diperhitungkan bisa turunkan tekanan darah, jaga kelenturan pembuluh darah, dan menghalangi terciptanya gumpalan atau karies di pembuluh darah. Dampak ini dipandang bagus untuk kesehatan jantung.

3. Teh jahe

Teh jahe kaya anti-oksidan yang menolong menstimuli mekanisme kebal kurangi infeksi dan badan. Teh jahe dikenal juga efisien menangani mual, khususnya mual karena mabok perjalanan, morning sickness, atau efek penyembuhan kanker.

Tidak itu saja, jahe juga diperhitungkan bisa menurunkan sembelit dan ngilu haid, dan menahan tukak lambung. Bahkan juga menurut riset, teh jahe sama efektifnya dengan obat antinyeri (OAINS) ibuprofen dalam menurunkan ngilu haid.

4. Teh kamomil (chamomile)

Teh kamomil banyak dicintai karena wewangiannya yang menentramkan dan ciri khas. Secara tradisional, teh herbal ini kerap dipakai untuk menurunkan rasa kuatir dan menolong tidur pulas. Manfaat itu telah ditunjukkan dalam beragam riset ilmiah.

Tidak itu saja, beberapa penelitian memperlihatkan jika teh kamomil banyak terkandung zat antiradang dan anti-oksidan yang sanggup kurangi ngilu dan atur konsistensi kandungan gula darah. Dampak itu bisa juga didapat dari tanaman herba lain, misalkan daun mangga.

5. Teh kunyit

Walau tidak ada bukti secara ilmiah, kunyit sudah sering dipakai untuk menahan kembung dan mengobati batu ginjal. Study pada hewan memperlihatkan jika kunyit bisa menahan kurangi infeksi dan kanker. Sayang, riset berkenaan manfaat itu belum dilaksanakan ke manusia.

6. Teh rosela

Menurut riset, minum teh rosela sepanjang 2-6 minggu sanggup turunkan kandungan cholesterol, walau cuma sedikit. Teratur minum teh rosela sanggup turunkan tekanan darah, yang bahkan juga diperhitungkan sama efektifnya dengan konsumsi obat hydrochlorothiazide dan captopril.

Maka dari itu, bila Anda sedang konsumsi beberapa obat penurun tekanan darah, atau mempunyai tekanan darah rendah, seharusnya awasi konsumsi teh herbal ini karena beresiko mengakibatkan tekanan darah rendah (hipotensi).

7. Teh bunga krisan

Teh krisan atau chrysanthemum tea ialah teh herbal yang terkenal diminum di Tiongkok. Wewangiannya yang unik dan halus, dan rasanya yang tidak begitu pahit membuat teh herbal ini dicintai banyak orang. Teh bunga krisan dimakan sebagai obat tradisional karena dipercayai mempunyai dampak antinyeri dan antiradang, bisa perkuat ketahanan badan, dan dapat memudahkan tanda-tanda flu. Sayang, sedikit bukti ilmiah yang bisa pastikan manfaat ini.

Selainnya beberapa jenis teh herbal di atas, ada banyak tipe rempah atau tanaman yang lain kerap dipakai sebagai teh herbal, misalkan:
  • Daun katuk
  • Honeybush
  • Daun mint
  • Rosemary
  • Bunga telang
  • Daun thyme
  • Saffron
  • Hibiscus
  • Puncak merah

Selainnya beragam tipe daun dan bunga di atas, teh herbal bisa juga didapat dari buah, seperti buah kawista dan cascara.

Walau teh herbal sudah lama dimakan oleh warga di beberapa negara karena dipercaya mempunyai manfaat untuk kesehatan, tetapi mayoritas claim manfaat itu belum mempunyai bukti ilmiah yang cukup. Disamping itu, jumlah, efek, dan tingkat keamanannya pada ibu hamil, ibu menyusui, dan pasien penyakit tertentu belum jelas.

Posting Komentar untuk "Ini lho teh yang berkhasiat baik buat kesehatan"