Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan whatsApp web

Aplikasi WhatsApp web
Cara menggunakan whatsApp web

Aplikasi whatsApp untuk hp dan whatsApp web untuk pc adalah salah satu basis platform chatting atau percakapan yang paling terkenal yang banyak didownload karena kemudahannya dalam penggunaannya baik di handphone dan di pc, WhatsApp bisa juga dipakai di PC atau netbook yang dijangkau oleh internet lewat website Web WhatsApp. Untuk Anda yang sedang melakukan pekerja di rumah atau work from home (WFH),dengan ada Web WhatsApp atau WhatsApp Web di netbook tentunya akan mempermudah Anda untuk membalasnya atau membaca pesan tanpa perlu memeriksa handphone.

Berikut bebrapa hal yang harus dipahami berkenaan WhatsApp Web:

Apakah itu yang bernama WhatsApp Web?

WhatsApp Web sebagai antar-muka WhatsApp yang bisa diakses di computer lewat browser web seperti Google Krom atau Mozilla Firefox. Simpelnya, pemakai harus membuka program browser terlebih dahulu, selanjutnya ketik alamat web.whatsapp.com untuk terhubung ke WhatsApp tanpa program berdikari atau standalone.

WhatsApp Web mempunyai penampilan luas dan tidak ada tombol minimize untuk sembunyikan jendela WhatsApp. Menariknya, WhatsApp Web banyak memiliki manfaat tombol shortcut yang mempermudah pemakainya untuk lakukan satu perintah.
 

Langkah login WhatsApp Web 

langkah untuk memakai atau login ke WhatsApp Web termasuk mudah.buat anda yang masih bingung silahkan kalian coba beberapa cara berikut.

Berikut langkahnya:

  1. Membuka browser kalian terserah mau memakai browser chrome atau memakai browser Mozilla bebas
  2. Membuka tab baru, ketik alamat web.whatsapp.com di address bar.
  3. Scan QR Kode yang ada di monitor computer dengan handphone, 
    langkahnya:membuka WhatsApp di handphone > click titik tiga di sudut kanan > piranti terpaut > kaitkan piranti > saran code keamanan (skema/sidik jemari) > tujukan camera handphone ke QR code.Silahkan kalian tunggu beberapa menit sampai proses penyingkronan usai, nanti akan ada keterangan yang menyatakan bahwa perangkat sudah terhubung atau "menyambungkan" dan "end-to-end encryption" di komputer.
  4. Nantikan sampai proses penyelarasan usai dan ada teras WhatsApp.

Daftar manfaat tombol shortcut hanya untuk whatsApp web

Daftar manfaat atau kegunaan dari tombol shortcut yang bermanfaat ketika sedang menggunakan web whatsapp, Dikutip dari account Instagram sah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), @kemenkominfo, disebutkan ada beberapa beberapa shortcut WhatsApp Web khusus untuk pemakai Windows dan fungsinya. Ini rinciannya:

  • Ctrl + Alt + Shift + U = mengidentifikasi pesan belum dibaca
  • Ctrl + Alt + E = mengarsipkan pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + P = memasangkan pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + F = cari pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + N = membuat group baru
  • Ctrl + Alt + , = buka setelan
  • Ctrl + Alt + Shift + M = mematikan pemberitahuan pesan
  • Ctrl + Alt + Shift + Backspace = hapus pesan
  • Ctrl + Alt + / = cari pesan di daftar percakapan
  • Ctrl + Alt + N = mengawali pesan baru
  • Ctrl + Alt + P = buka profile Shift + Enter + membuat baris baru di chat.

Cari emoji secara cepat untuk pengguna whatsApp web


Tidak itu saja, Anda bisa juga cari emoji secara cepat tanpa perlu memilih mana emoji yang ada pada daftar emoji whatsapp web.

Triknya, tulis pertanda titik dua dan keyword emoji untuk cari emoji yang Anda harapkan.
Contoh, ingin mengirimi emoji senyuman. Karena itu, Anda dapat menulis di kolom chat ":smile ".Nanti akan secara automatis ada emoji itu.

WhatsApp Web dapat digunakan walau handphone mati/off-line

Dalam penyempurnaan terbarunya WhatsApp Web bisa menjalankan pekerjaannya walau handphone kita pada kondisi off-line atau mati.


Awalnya, WhatsApp memiliki sifat mirroring. Maknanya, basis ini memerlukan jaringan untuk mengcopi pesan yang ada di handphone dan diperlihatkan pada PC atau netbook Anda, 
Dikutip dari Makeuseof (26/1/2022), ada dua langkah agar whatsapp web mempunyai fitur seperti ini:

Update aplikasi WhatsApp di piranti mobile Anda dengan cari WhatsApp di App store atau Google Play Store. Bila disuruh, tekan "update ".Selanjutnya masuk kembali lagi ke piranti Anda yang terpaut.

Bila pilihan di atas tidak bekerja untuk Anda, Anda harus tergabung dengan multi-perangkat beta. Di saat penulisan, Anda harus mendapati feature ini pada bagian Piranti Terpaut di program mobile WhatsApp Anda. Bergabunglah dengan versus beta, lalu masuk kembali lagi ke piranti terpaut Anda. 

Apabila sudah dilakukan semua cara diatas, walau handphone mati atau terputus dari internet, Anda masih tetap bisa memakai WhatsApp Web atau program desktop di sejumlah piranti sekaligus.
 

Masalah dan jalan keluar pada WhatsApp Web, 

saat ingin login atau menggunakan WhatsApp Web, beberapa pemakai kadang tidak dapat lakukan scan WhatsApp Web. Argumen tidak bisa scan QR kode ini bisa saja karena banyak hal, seperti akses internet yang tidak lancar, atau karena kita memakai versus browser lama, dan lain sebagainya.


Untuk menanganinya, Anda dapat mencoba untuk mengikuti panduan berikut ini:

Check akses internet di PC

QR kode WhatsApp Web bisa jadi tidak tampil di monitor karena akses internet Anda sedang terputus atau melamban. Kerjakan pengujian apa akses internet pada PC masih tidak atau tersambung. Untuk PC Windows pemakai bisa memeriksa pada bagian icon WiFi di bar sudut kanan atas atau bawah.

Check akses internet di handphone Anda

Selain kita melakukan pengujian akses internet di PC, Anda harus juga memastikan jika akses internet di handphone dapat berjalan dengan lancar. Handphone dan PC harus sama-sama mempunyai akses internet yang sangat lancar untuk bisa memakai WhatsApp Web untuk pertama kali, karena itu pastikan bahwa internet pada smartphone anda itu benar benar hidup, Untuk memastikan akses internet di handphone Android anda berjalan lancar anda bisa cek di menu setelan atau Settings > SIM cards dan Mobile Networks.

Sebagai info, langkah ini sudah saya coba pada handphone Android Redmi note 7 dan mungkin hasil akan bisa saja tidak sama pada handphone Android yang lain atau iPhone.

Refresh atau muat ulangi WhatsApp Web

Bila code QR WhatsApp Web tidak bisa ada di monitor PC, Anda bisa lakukan refresh dengan tekan shortcut keyboard F5. Jika monitor belum juga berisi QR kode, jalan keluar selajutnya dengan tutup tab WhatsApp Web dan coba memuatnya kembali.

Posting Komentar untuk "Cara menggunakan whatsApp web"